Loading

Lupus, Tragedi Sinemata - Hilman Hariwijaya

Hahaha, buku ini sungguh kocak. Meski kocaknya zaman dulu sih. Buku ini terbit pertama kali tahun 1987. Wah, aku saja belum lahir! Pantas saja ada kata-kata zaman dulu, seperti ’kece’ (kurasa kata ini sudah diganti ’keren’ dalam novel-novel yang baru), atau ’ogut’ dan ’nginyem’. Aku tak tahu arti kata nginyem, tapi kelihatannya sih seperti diam keki atau malu begitu. Kayaknya loh.

Oya, buku ini bercerita tentang seorang anak SMA bernama Lupus (namanya aneh ya). Lupus ini orangnya lucu banget. Teman-temannya juga lucu banget, misalnya Boim yang norak, Gusur yang gendut, nggak kece, tapi sok nyastra, Fifi Alone yang ngartis.

Nah, dalam buku ini diceritakan kisah lupus yang kebanyakan konyol, misalnya waktu dia apel ke rumah ceweknya yang bernama Rina. Bapak si Rina ini galak banget. Lupus dan Rina sering banget digangguin sama si Bapak ini.

Ada juga kisah Lupus yang dendam sama adiknya Lulu, gara-gara Lulu nyolong coklatnya Lupus. Lupus memasang broklak (obat pencuci perut yang mirip coklat) untuk menjebak Lulu. Tapi yang makan broklak itu justru Gusur. Gusur akhirnya lemes gara-gara diare, hahaha.

Sampai sekarang Lupus masih populer. Menurutku sih karena sebenarnya masalah remaja itu sama saja dari waktu ke waktu. Nggak jauh-jauh deh dari masalah sekolah, orang tua, teman, cinta. Lupus misalnya mencontek rambut John Taylor. Aku tidak tahu siapa itu John Taylor, pastinya selebritis zaman dulu. Sekarang anak-anak cowok mencontek gaya rambut Giring Nidji. Jadi yah, sama saja.

Lupus, anak nakal yang doyan permen karet itu, ternyata malah sering dikangeni. Hadirnya dia di tengah-tengah teman-temannya membuat hidup remaja lebih berkelir. Penuh warna-warni indah. Padahal, apa sih kelebihan yang dimiliki Lupus? Gaya bicaranya yang ceplas-ceplos? Penampilannya yang berkesan santai? Atau justru sikapnya yang kadang-kadang nakal?

Nggak tau ya. Yang jelas tiada hari ceria tanpa kehadiran dirinya (taela!). Tiada rasa rindu tanpa canda ria bersamanya. Itu kata mereka sendiri : remaja. Sedang Lupus sendiri menanggapi dengan cuwek bebek aja "Ah, enggak enak dikangeni itu. Kalo kebetulan berhalangan hadir, suka ditanya-tanya terus. Repot, kan...," katanya sambil cengar-cengir.

Tapi tentang keberhasilan Lupus jadi idola remaja ini, penulisnya cuma bisa ngerendahin diri, ninggiin mutu,"Ah, itu kan cuma karena selera saya memang sama dengan selera remaja pada umumnya. Jadi apa yang disukai remaja, biasanya saya juga suka."

Dan judul keempat dalam seri Lupus : Tragedi Sinemata ini tetap akan memuaskan kamu semua. Soalnya, selera kita kan memang sama. Jadi, mau apa lagi?
 
 
 
( Password : Novel I-One )


Artikel Terkait:

13 komentar:

May 31, 2012 at 3:05 PM Aziz Adi Sasmita said...

ini novel tahun berapa?

June 1, 2012 at 9:16 AM puramoz said...

ane juga ada koleksinya lupus nih sob,,, emang kocak kocak.,

June 26, 2012 at 11:30 AM apink said...

lupus,.. rambut jambul, tukang makan permen karet, gaya bicaranya ceplas ceplos kadang ekspresnya tanpa bersalah, make tas sampe panjang ke lutut,.. selain yg disebutin diatas jangan lupa emaknya lupus yang gaul juga.. hahahaa..

novel ini emang top banget di masanya,.. sampe2 gayanya lupus diikutin sama anak gaul tempo dulu,.. pernah dibuat filmnya juga,..

June 26, 2012 at 3:46 PM Huzna Souvenir said...

beh favorit ane juga nih gan, thanks dah berbagi, langsung download dah........

June 29, 2012 at 6:05 PM Unknown said...

Nyampe si Deni teman saya tiapa hari tak lepas dari permen karet,jailnya persisi Lupus ini.
Nice share sop,thanks ya.

June 30, 2012 at 12:17 AM Unknown said...

Wahh Seru neeh kayaknya Gan .. :D

July 2, 2012 at 11:52 AM My Laboratorium said...

Bisa dicoba nih untuk dibaca
Thanks for sharing sobat :)

July 2, 2012 at 11:56 AM Arena Tekno said...

boleh coba izin download y...

www.arenatekno.web.id Mobil Tanpa Kemudi

July 3, 2012 at 4:04 PM ICAH BANJARMASIN said...

Dulu aku filmnya sempat nonton tuh bang..tapi waktu itu yang jadi bintang filmnya almarhum Ryan Hidayat..heeee..mantef artikelnya abang.

July 19, 2012 at 10:50 AM darmawajah said...

wah ... novel jadul, gaya rambutnya yang sempet ngetrend.

July 19, 2012 at 11:26 PM Unknown said...

hohohoho......

akhirnya ada juga yang share nich novel yg lama banget..
:D

Post a Comment

 
Subscribe to Novel I-One

Enter your email address: