Loading

Retire Young Retire Rich - Robert T. Kyosaki

Daud dan Goliat adalah salah satu cerita favorit ayah kaya. Saya rasa dia sendiri mungkin melihat dirinya sebagai Daud, orang yang memulai dari nol, namun naik untuk bersaing menghadapi raksasa-raksasa bisnis. Ayah kaya berkata, “Daud dapat mengalahkan Goliat karena Daud tahu cara menggunakan kekuatan daya ungkit. Seorang remaja dan umban sederhana jauh lebih hebat daripada raksasa yang ditakuti, Goliat. Itulah kekuatan daya ungkit.”
 
Buku-buku saya sebelum ini membicarakan kekuatan arus kas. Ayah kaya berkata, “Arus kas adalah kata terpenting dalam dunia uang. Kata terpenting kedua adalah daya ungkit.” Dia juga berkata, “Daya ungkitlah yang membuat sebagian orang menjadi kaya dan yang lain tidak menjadi kaya.” Ayah kaya melanjutkan untuk menjelaskan bahwa daya ungkit merupakan kekuatan dan kekutan itu dapat bekerja membantu anda atau melawan anda. Karena daya ungkit merupakan kekuatan, sebagian menggunakannya, sebagian menyalahgunakannya, dan yang lain takut terhadapnya. Dia berkata, “Penyebab tidak sampai 5% dari seluruh orang Amerika kaya adalah karena hanya 5% yang mengetahui cara memanfaatkan kekuatan daya ungkit. Banyak orang yang ingin menjadi kaya, gagal menjadi kaya karena mereka menyalahgunakan kekuatan itu. Dan sebagian besar orang tidak menjadi kaya karena mereka takut terhadap kekuatan daya ungkit.”

Terdapat Banyak Bentuk Daya UngkitDaya ungkit tersedia dalam banyak bentuk. Salah satu bentuk daya ungkit yang dikenal adalah daya ungkit uang pinjaman. Kini kita mengetahui persoalan berat dari orang-orang yang menyalahgunakan bentuk daya ungkit yang kuat ini. Jutaan orang berada dalam kesulitan finansial karena kekuatan daya ungkit utang digunakan melawan mereka. Karena konsekuensi penyalahgunaan daya ungkit utang, banyak orang yang sekarang takut terhadap bentuk daya ungkit ini, berkata, “Potonglah kartu kredit anda, lunasilah hipotek (kredit dengan jaminan harta tak bergerak) anda, dan jangan berutang.” Ayah kaya saya akan tertawa dan berkata, “Memotong kartu kreditmu tidak akan membuatmu kaya. Memotong kartu kredit saya hanya membuat saya sengsara.” Sekalipun demikian, ayah kaya sepakat bahwa kalau anda merasa terganggu dengan kekuatan daya ungkit utang, jelas anda harus memotong kartu kredit anda, melunasi hipotek anda, dan bebas dari utang. Dia berkata, “Memberikan kartu kredit kepada sebagian orang adalah seperti memberikan senjata berisi peluru kepada orang mabuk.
 
Siapapun yang berada dekat orang mabuk itu sedang dalam bahaya, termasuk orang mabuk itu.” Ayah kaya tidak mengajari kami untuk takut terhadap kekuatan daya ungkit utang, melainkan mengajari putranya dan saya cara menggunakan kekuatan daya ungkit utang untuk keuntungan kami. Karena itu dia sering berkata, “Ada utang bagus dan utang jelek. Utang bagus membuatmu kaya dan utang jelek membuatmu miskin.” Sebagian besar orang dibebani dengan utang jelek dan banyak yang lain hidup dalam ketakutan terhadap utang dan merasa bangga karena bebas utang ... bahkan sampai pada keadaan bebas dari utang bagus. Dalam buku ini, anda akan mengetahui bagaimana istri saya, Kim, dan saya pensiun muda dan pensiun kaya karena utang kami sangat banyak, kami punya sangat banyak utang bagus, utang yang membuat kami kaya dan bebas secara finansial. Dengan kata lain, kami menggunakan kekuatan daya ungkit, kami tidak menyalahgunakan kekuatan itu, atau hidup dalam ketakutan terhadap kekuatan itu.

Sebaliknya kami menghargai kekuatan daya ungkit dan menggunakannya dengan bijaksana dan hati-hati.
 
Dapatkah Semua Orang Menjadi Kaya?Dalam ratusan wawancara yang saya berikan setelah peluncuran buku Rich Dad yang pertama saya menerima pertanyaan ini: “Menurut anda apakah semua orang bisa kaya?”

Saya menjawab, “Ya. Saya percaya semua orang berpotensi menjadi kaya.” Di situ saya sering ditanya, “Kalau semua orang berpotensi menjadi kaya, kenapa sangat sedikit yang benar-benar menjadi kaya?”
 
Jawaban saya biasanya adalah, “Hari ini saya tidak punya waktu untuk menjawab pertanyaan itu.” Kalau mereka bersikeras, saya mungkin berkata, “Banyak dari jawaban ini terdapat dalam empat buku pertama saya dalam seri Rich Dad.”

Kalau pewawancara itu gigih mereka mungkin menanyakan sesuatu seperti, “Kapan anda akan memberi kami semua jawaban?”
 
Saya menjawab, “Saya tidak tahu apakah ada orang yang mempunyai semua jawaban.”
 


( Password : Novel I-One )




Artikel Terkait:

12 komentar:

April 20, 2012 at 5:58 PM Zero CodeXgigas said...

ijin mengkopi untuk tugas review sekolah..
makasih udah berbagi ya?

April 21, 2012 at 5:14 AM Hzndi said...

Absen pagi bang :)

April 24, 2012 at 4:27 PM Gumanta-info said...

wah kayaknya harus punya nih bukuny.. :D

April 25, 2012 at 4:02 PM kangFarhan said...

ckckcck...kayaknya ajib banget bang, ntar saya donlot ya

April 25, 2012 at 8:43 PM black2share said...

bagus nih buat lagi nyantai....

May 2, 2012 at 4:57 PM Bali Qui said...

berkunjung sambil baca-baca

May 2, 2012 at 7:00 PM MR.W said...

visit here..visit me!

May 2, 2012 at 10:37 PM dhlondhenk said...

menarik juga sepertinya tuh buku, thanks gan..ijin liat2 yang lain di sini ya gan,hehehe

May 6, 2012 at 7:54 AM insting said...

Good morning all. hello bloggers mania do not forget to visit and play to my home.

May 11, 2012 at 5:33 PM penyuluh perikanan said...

cerita yang bagus, dan keren sobat, sungguh luar biasa saya sangat menyukai cerita ini, sangat membawan manfaat
terima kasih

July 13, 2012 at 12:20 PM Dyna said...

Ikutan belajar disini Sob

Post a Comment

 
Subscribe to Novel I-One

Enter your email address: