Loading

Object Oriented Programming dalam Visual Basic 2005

Class dan Object

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya pada Subbab 4.3, Visual Basic 2005 sangat mendukung object-oriented programming (OOP). Dalam konsep OOP, segala sesuatu direpresentasikan dalam bentuk Object. Data dan fungsi digabungkan ke dalam sebuah unit yang disebut Object Object biasanya merupakan representasi dari “dunia nyata”. Object merupakan hasil cetakan dari sesuatu, yaitu Class.
 
Class (kelas) bisa memiliki Field, Property (properti), Method (metode), dan Event. Setiap Object (objek) hasil instantiasi (cetakan) dari sebuah Class juga akan memiliki Field, properti, metode, dan Event dari Class tersebut. Namun, nilai setiap Field atau Property dari masing-masing objek dapat saja berbeda-beda, walaupun mereka berasal dari Class yang sama.

Dalam Visual Basic 2005, kita dapat membuat Class sendiri. Class dibuat di dalam sebuah Modul khusus yang disebut Modul Class (Class Module). Untuk menambahkan sebuah Modul Class ke dalam Project, lakukanlah langkah berikut :
1. Klik menu Project > Add Class.. dalam Menu Bar.
2. Kemudian ketika muncul jendela Add New Item seperti di bawah ini, ketiklah nama Class yang ingin Anda buat dalam kotak isian Name. Lalu klik tombol Add. Nama dari Modul Class tersebut berarti juga nama bagi Class baru yang kita buat.
 

3. Secara otomatis Class baru tersebut ditambahkan dalam Project yang kita buat (lihat dalam bagian Solution Explorer). Contoh:


4. Untuk membuat kode program dalam Class, klik ganda terlebih dahulu nama Class tersebut pada bagian Solution Explorer.

Sebuah Class umumnya diawali oleh kata Public Class yang diikuti nama Class-nya serta diakhiri kata End Class. Kode program buatan kita untuk Class itu dituliskan di antara kata-kata tersebut. Berikut ini contoh sebuah Class bernama Manusia, di dalamnya terdapat berbagai kode program yang menunjukkan Field, Property, Metode, atau Event yang dimiliki oleh Class tersebut:




Sumber : ebookhost


Artikel Terkait:

2 komentar:

January 23, 2012 at 12:45 AM rizki_ris said...

Nice info sobaattt ^^

January 23, 2012 at 4:09 PM Unknown said...

wah mantab nhe sob :)
Absen sore

Post a Comment

 
Subscribe to Novel I-One

Enter your email address: