Loading

Rahasia Chimneys ~ Agatha Christie

Hanya sekedar ingin pamer. Buku Agatha kali ini, barhasil aku tuntaskan dalam waktu semalam. Ceritanya tak berjalan sebagaimana mestinya, tak terlalu menakutkan atau mencekam. Hanya saja, entah kenapa saya telah tertarik sejak awal mula Anthony bercerita tentang Herzoslovakia. Mungkin sedikit berbau politik, tapi itulah uniknya. Persoalan politik atau masalah kenegaraan, tak pernah bisa membuat saya tertarik. Saya selalu kesulitan dalam banyak hal. Namun, entah kenapa dalam bukunya kali ini, Agatha tak begitu menggunakan bahasa politik. Namun, bahasa yang sangat ringan untuk mengungkapkan segala intrik masalah politik di dalamnya. Cerita berpusat pada sebuah negara yang bernama Herzoslovakia. Anthony akan menceritakan tentang Herzoslovakia kepada Anda, secara garis besar.

“Hanya sejauh yang diketahui oleh orang lain. Salah satu negara di daerah Balkan, kan? Sungai-sungai besarnya pun tak dikenal. Juga gunung-gunungnya. Ibukotanya Ekarest. Penduduknya kebanyakan perampok. Hobi mereka membunuh raja dan membuat revolusi. Raja terakhir adalah Nicholas IV. Dibunuh kira-kira tujuh rahun lalu. Sejak itu kerajaan menjadi republik. Tempat yang cocok. Seharusnya kaukatakan dari tadi bahwa tawaranmu ada hubungannya dengan Herzoslovakia.”
Anthony menjelaskan.
Jimmy meneruskan ceritanya tanpa peduli komentar lawannya. “Pernah dengar tentang Pangeran Stylptitch?”
“Nah, begitu dong,” kata Anthony.
“Orang yang belum pernah dengar tentang Herzoslovakia pasti lalu tahu kalau ada yang menyebut nama Pangeran Stylptitch. Laki-laki tua hebat dari Balkan. Negarawan terbesar di zaman modern. Penjahat besar yang belum sempat digantung. Masalahnya kita membaca koran yang mana. Yang jelas Pangeran Stylptitch akan terus dikenang orang walaupun kita telah menjadi abu. Setiap gerakan dan peristiwa yang terjadi di daerah Timur Dekat dalam dua puluh tahun terakhir ini pasti berkaitan dengan Pangeran itu. Dia adalah seorang diktator, patriot, dan negarawan―dan tak seorang pun tahu sebenarnya dia itu apa. Dia dikenal sebagai raja yang penuh intrik. Nah, ada apa dengan dia?”

Simpan cerita ini, dan nama-nama yang muncul dalam cerita Anthony tersebut. Cerita ini akan terus berkembang, mucul satu-persatu fakta yang menempel di sana-sini. Untuk mengetahui hubungan Anthony dan Chimneys. Silahkan baca kisahnya berikut ini, namun jangan terlalu percaya dengan apa yang Anda baca. Hercule Poirot selalu menekankan, Jangan mempercayai siapapun, sebelum dirimu membuktikannya sendiri.






Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

 
Subscribe to Novel I-One

Enter your email address: